Pertemuan Forum Pengelola Magister Pendidikan Islam di Ambon

Kategori Berita/Kawasan Timur

ujungkota.com – Sebanyak 42 orang para pengelola program magister pendidikan Islam di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri mengikuti seminar dan juga workshop di Ambon, Maluku. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, IAIN Ambon menjadi tuan rumah untuk pertemuan kali ini. Acara tersebut juga dirangkaian dengan pelatihan Living Value Education (LVE) dengan dukungan The Asia Foundation.

Acara berlangsung selama tiga hari, dimulai dari 31 Maret sampai 2 April. Walaupun acara berlangsung Jumat 31 Maret 2017, hanya saja para peserta sudah tiba sehari sebelumnya. Pada kegiatan tersebut diantaranya hadir delegasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta sebanyak tujuh orang. Sementara perguruan tinggi lain diwakili oleh pengelola dan juga ada yang dihadiri langsung direktur pasca sarjana.

Kesempatan tersebut juga digunakan untuk mendiskusikan penerapan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Beberapa perguruan tinggi yang sudah melaksanakannya antara lain UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta; UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang; dan UIN Walisongo, Semarang. Kehadiran perwakilan tiga perguruan tinggi tersebut menjadi contoh untuk praktik baik, sehingga bisa menjadi rujukan bagi perguruan tinggi lain.

Termasuk STAIN Sorong dan STAIN Al-Fatah, Jayapura, mengirimkan delegasi untuk acara tersebut. Kedua perguruan tinggi yang terletak di Pulau Papua, berusaha untuk juga mengikuti standar nasional pendidikan tinggi. Sehingga kehadiran dalam acara tersebut digunakan untuk melakukan dialog dengan perguruan tinggi lain yang sudah lebih awal berkembang. Sementara program pasca sarjana STAIN Sorong baru berjalan dalam dua tahun terakhir.

Acara seminar dan workshop dirangkaian juga dengan jamuan makan malam di rumah jabatan Gubernur Maluku. Dalam kesempatan yang sama, KH. Zawawi Imron menyampaikan orasi kebudayaan sekaligus membacakan beberapa puisinya. Rektor IAIN Ambon DR. H. Hasbollah Toisuta menyambut para delegasi baik dalam acara pembukaan seminar maupun saat jamuan makan malam. (iswekke) ***

Portal Berita dari Timur Indonesia ini dibangun dengan tujuan untuk ikut berkontribusi dalam mewartakan kabar dari kawasan Timur Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*