UniSZA dan UMY Adakan Seminar Bersama

Kategori Berita/Internasional

Dihadiri oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Dr. Fredy Harris, SH., LLM., Universitas Sultan Zainal Abidin, Malaysia dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan International Conference on Shariah and Globalisation. Dr. Fredy menyampaikan sambutan pembuka untuk mengawali kegiatan konferensi. Acara tersebut di laksanakan di Kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (5/4).

Kegiatan ini merupakan rangkaian kerjasama dua perguruan tinggi yang juga didukung oleh beberapa lembaga pendidikan tinggi yaitu Universitas Airlangga, Surabaya; Necmettin Erbakan University, Turki; Universiti Islam Antarabangsa Malaysia; dan Fatoni University, Thailand.

Dalam kegiatan tersebut, kolaborasi perguruan tinggi mendiskusikan relasi antara syariah dan globalisasi. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan di tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Thailand. Selanjutnya, direncanakan tahun depan akan dilaksanakan di Kota Konya, Turki. Persetujuan tersebut disampaikan oleh delegasi Turki yang juga menyampaikan makalah pada konferensi tersebut.

Sebagai pembicara kunci, Prof. Onder Kutlu yang juga wakil rektor Necmettin Erbakan University, Turki menyampaikan materi berkenaan dengan perkembangan negara-negara dengan penduduk muslim menghadapi persaingan global. Selanjutnya Prof. Onder menambahkan beberapa studi kasus di beberapa negara yang mengalami perjumpaan dengan penduduk yang berbeda agama.

Konferensi juga menghadirkan Dato’ Prof. Haji Muhamad Naser bin Disa, Institut Kajian Strategik Islam Malaysia (IKSIM) dan Dr. Trisadini, Ketua Pusat Kajian Syariah Universitas Airlangga. Kerjasama antar lembaga pendidikan tinggi ini menjadi keperluan bersama dalam menghadapi era Asia Tenggara. (iswekke)

Portal Berita dari Timur Indonesia ini dibangun dengan tujuan untuk ikut berkontribusi dalam mewartakan kabar dari kawasan Timur Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*