Ikatan Dai Indonesia Kota Sorong Gelar Dialog Zakat

Kategori Berita/Kawasan Timur

Momentum hari libur dalam rangka Hari Pancasila dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk melaksanakan dialog zakat. Sekaligus sebagai peringatan setahun kepengurusan Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kota Sorong.

Dilaksanakan di Masjid Aljihad Kota Sorong, pengurus masjid dan dai sekota Sorong berkumpul dalam dialog zakat tersebut dengan tema Zakat yang Hebat dan Dahsyat. Sebagai nara sumber pada kesempatan tersebut Dr. Hamzah, ketua STAIN Sorong, dan juga H. Abd. Manan Fakaubun, S.Pd.I., ketua Majelis Ulama Indonesia DPD Kota Sorong.

Dalam kesempatan tersebut, dialog membahas upaya-upaya untuk menggerakkan zakat sehingga menjadi pilar pemberdayaan umat Islam. Salah satu pembahasan yang mengemuka adalah perlu para penduduk kota Sorong jangan sampai mengeluarkan zakatnya di luar kota Sorong.

“Jikalau sumber-sumber kehidupannya berada di kota Sorong, maka secara etika mestinya mengeluarkan zakatnya juga di Kota Sorong”, demikian ungkap Dr. Hamzah dalam menjawab pertanyaan maraknya fenomena muzakki di Kota Sorong yang mengeluarkan zakatnya justru ke tempat lain.

Sementara itu Ustadz Manan menandaskan bahwa zakat sudah dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional, sehingga untuk pengelolaan zakat akan sangat bagus kalau disalurkan melalui pintu-pintu lembaga yang kredibel. Tidak lagi disalurkan secara mandiri dan individu. Dengan demikian, manfaatnya akan lebih luas dan terprogram secara terstruktur. ***

Portal Berita dari Timur Indonesia ini dibangun dengan tujuan untuk ikut berkontribusi dalam mewartakan kabar dari kawasan Timur Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*