Perhimpunan Alumni Malaysia Selenggarakan IMSSEAS di UKM

Kategori Berita/Internasional

Pelaksanaan Indonesia-Malaysia Symposium on Southeast Asia Studies (IMSSEAS) kali ini diselenggarakan di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), 8-9 Desember. Membuka acara tersebut Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur , Prof. Dr. Ari Purbayanto, rangkaian acara yang bertempat di Puri Pujangga UKM. Dua pembicara kunci lainnya, Dr. Candra Setiawan, President University, dan Prof. Dr. Asep Saifuddin, Rektor Universitas Al Azhar Indonesia.

Ketua Umum Perhimpunan Alumni Malaysia (PAM), Dr. Sabela Gayo, dalam kesempatan tersebut menegaskan bahwa pelaksanaan IMSSEAS merupakan agenda rutin PAM yang kali pertama dilaksanakan di Jakarta dengan dukungan Universitas Trilogi. Sementara untuk tahun ini bersama-sama dengan Persatuan Alumni Perguruan Tinggi Indonesia dan juga dukungan dua perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata YAPARI Bandung dan Universitas Al Azhar Indonesia.

Sementara itu Scientific Committee IMSSEAS, Dr. Ismail Suardi Wekke, menyampaikan bahwa pelaksanaan IMSSEAS ini merupakan prakarsa PAM untuk turut menjembatani hubungan Indonesia dan Malaysia. Maka, salah satu instrumen yang digunakan adalah kegiatan-kegiatan akademik.

Memperhatikan bahwa kegiatan ini memberi makna dalam hubungan kedua negara, maka pada kesempatan di tahun-tahun mendatang kegiatan IMSSEAS tetap akan dilaksanakan. Beberapa mitra yang selama ini mendukung sudah menawarkan untuk menjadi tuan rumah, hanya saja perlu duduk bersama-sama untuk mendiskusikan peluang tersebut sehingga bisa menyertakan pelbagai perguruan tinggi lainnya.

Sementara itu, Prof. Ismail Abdullah, dosen di Universiti Sains Islam Malaysia yang turut hadir dalam acara tersebut menyambut baik pelaksanaan IMSSEAS. Dengan acara ini, akan mengekalkan hubungan antara Indonesia-Malaysia. Sehingga dengan tetap berusaha melaksanakan kegiatan akademik, akan menjadi sarana untuk berkomunikasi di tingkat perguruan tinggi. ***

Portal Berita dari Timur Indonesia ini dibangun dengan tujuan untuk ikut berkontribusi dalam mewartakan kabar dari kawasan Timur Indonesia.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*